Cara Menjadi Investor Atau Trader Saham

0
284
Cara Menjadi Investor dan Trader Saham
Cara Menjadi Investor dan Trader Saham

Cara menjadi investor atau trader saham di Indonesia adalah hal yang sangat mudah dilakukan, Kita hanya memerlukan tiga langkah saja.

Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah memilih broker saham mana yang ingin digunakan sebagai media transaksi saham secara online.

Langkah kedua adalah mendaftar dengan cara mengisi data diri dengan benar dan memenuhi persyaratan yang diberikan oleh broker saham tersebut. Termasuk didalamnya adalah syarat minimal deposit ke akun investor atau trader saham.

Dan langkah terakhir adalah melakukan transaksi saham secara online menggunakan platform trading yang telah disiapkan oleh broker saham yang sudah dipilih tadi.

Dan ketika kamu telah menjalankan langkah yang terakhir ini maka kamu sudah bisa dikatakan sebagai investor atau trader saham.

Sedangkan apakah kamu seorang investor atau trader saham, sangat ditentukan oleh sikap dan tujuan awal kamu sendiri mengenai pasar modal. Untuk lebih jelasnya, kamu bisa baca tulisan tentang “Trading saham atau investasi saham” terlebih dahulu.

Langkah Pertama Menjadi Investor atau Trader Saham

Kenapa kita harus memakai jasa broker saham? Karena kita nggak bakalan bisa melakukan transaksi saham di pasar modal jika tidak ada perantaranya yaitu broker saham itu sendiri.

Dan tentu, ketika kita melakukan transaksi saham di pasar modal maka kita akan dikenai fee beli, fee jual, dan juga pajak. Dan jika ditotal semua fee tersebut maka jumlahnya sekitaran 0.5% dari total nilai transaksi.

Untuk lebih jelasnya, kamu bisa menanyakan semua hal ini ke masing-masing broker yang ingin kamu pilih. Dan biasanya ada diskon terkait fee ini loh.

Jika kamu ingin tahu beberapa daftar broker saham yang beroperasi di Indonesia maka kamu bisa lihat daftarnya di “Daftar broker saham Indonesia“.

Langkah Kedua Menjadi Investor atau Trader Saham

Setelah kamu memilih salah satu broker saham, entah karena kamu tertarik dengan besarnya fee, pelayanan, dan atau canggihnya platform trading yang mereka miliki. Langkah selanjutnya yang harus kamu tempuh adalah mendaftar dan memenuhi persyaratan administrasi.

Untuk membuka sebuah akun trading syaratnya mudah sekali dipenuhi. Dan semua nasabah pasti bisa melakukannya.

Tetapi biasanya ada satu hal yang dipertimbangkan, yaitu jumlah deposit awal ketika membuka akun investasi.

Untuk hal ini, kamu nggak usah khawatir karena ada beberapa broker yang menentukan syarat minimum deposito yang pasti bisa kamu penuhi. Yaitu sebesar Rp 100.000,- (Indopremier) atau Rp 1000.000,-. (BNI Sekuritas).

Tetapi menurut saya pribadi, besarnya nilai deposit awal tidaklah berpengaruh terhadap orang yang memang ingin meraih sukses di pasar modal.

Langkah Ketiga Menjadi Investor atau Trader Saham

Nah, jika kamu sudah mempunyai sebuah akun tetapi belum melakukan transaksi maka sebenarnya kamu belum bisa dikatakan sebagai seorang trader saham apalagi sebagai seorang investor.

Kenapa? Karena sebenarnya kamu hanya menyimpan uang kamu didalam rekening dana investasi yang ada didalam akun kamu. Dan hal ini sama dengan kamu menyimpan uang kamu didalam rekening tabungan.

Jadi, jika kamu sudah pernah melakukan transaksi saham maka kamu sudah bisa dikatakan sebagai seorang trader saham.

Gimana, setidaknya kamu sudah paham kan bahwa cara menjadi investor atau trader saham di Indonesia itu sangat mudah sekali dilakukan. Dan bahkan jika kamu masih duduk di bangku kuliah…

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here