Analisis Fundamental, Fungsi dan Alasan Kenapa Harus Memakainya

0
475
Manfaat Analisis Fundamental
Manfaat Analisis Fundamental

Analisis Fundamental atau Fundamental Analysis (FA) adalah salah satu teknik yang bisa digunakan untuk menentukan posisi harga sebuah saham, apakah harga saham tersebut Overvalued (Mahal) atau Undervalued (Murah).

Sehingga ketika kita telah mengetahui posisi harga saham maka kita pun (khususnya sebagai investor) dapat membuat sebuah keputusan yang tepat ketika akan membeli atau menjual saham.

Kenapa Kita Harus Memakai Analisis Fundamental?

Banyak sekali manfaat melakukan analisis fundamental yang bisa kita gunakan untuk menunjang kesuksesan berinvestasi saham maupun ketika menjalankan bisnis trading saham.

Berikut ini adalah beberapa alasan, kenapa analisis fundamental itu sangat penting sekali.

  1. Fundamental bisnis perusahaan adalah faktor utama yang mampu menggerakkan harga saham (bergerak naik maupun turun).
  2. Mengacu poin 1, dengan mengetahui kondisi fundamental perusahaan maka kita sudah menerapkan manajemen risiko dan memaksimalkan keuntungan.
  3. Mengacu poin 2, dengan mengetahui kondisi fundamental saham perusahaan maka kita pun akan tetap tenang meskipun harga saham selalu bergerak secara fluktuasi dari waktu ke waktu.

Fundamental Bisnis Perusahaan Adalah Faktor Utama Penggerak Harga Saham

Grafik Harga Saham TLKM (PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk)

Jika kita lihat, mulai tahun 1996 sampai dengan tahun 2019, harga saham TLKM terus mengalami kenaikan (uptrend) dan tentu pergerakan harga tersebut tidak selalu mulus, selalu ada koreksi harga yang terjadi.

Kenapa harga saham TLKM secara garis besar selalu mengalami kenaikan? Karena PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk selalu mampu mencetak kinerja secara kinclong alias untung terus.

Dan meskipun harga saham TLKM pernah mengalami penurunan, itu pun karena adanya koreksi pasar, entah itu karena harganya terlalu mahal atau karena adanya sentimen makro ekonomi.

Hanya perusahan dengan kinerja bagus lah yang mampu membentuk pergerakan harga saham yang selalu naik (uptrend). Kenapa? karena banyak sekali investor atau trader saham yang membeli sahamnya.

Menerapkan Manajemen Risiko dengan Analisis Fundamental

Grafik Harga Saham AISA (PT Tiga Pilar Sejahtera Food Tbk)

Dengan mengetahui fundamental perusahaan maka kita bisa memilih perusahaan yang mempunyai fundamental bisnis paling baik seperti saham TLKM di sub sektor telekomunikasi.

Dan ketika kita telah memilih saham perusahaan terbaik maka setidaknya kita telah meminimalkan risiko kerugian ketika berinvestasi atau berbisnis trading saham, sekaligus terhindar membeli saham yang hampir bangkrut atau bangkrut seperti saham AISA (PT Tiga Pilar Sejahtera Food Tbk) diatas.

Gimana, sudah paham kan kenapa analisis fundamental itu penting sekali untuk menunjang keberhasilan kita berinvestasi atau berbisnis trading saham.

Nah, bagi Anda yang barusan terjun ke dunia pasar modal, sangat disarankan untuk membeli saham-saham perusahaan yang mempunyai kinerja bagus alias selalu mampu membukukan keuntungan setiap tahunnya dan tidak membeli saham yang masuk kategori saham gorengan atau saham perjudian.

Membeli Saham Perusahaan Berkinerja Baik Menjadikan Tidur Semakin Nyenyak

Jika kita sudah tahu bahwa saham yang kita beli adalah saham perusahaan yang bagus kinerjanya, maka kita nggak akan takut jika harga saham selalu bergerak naik maupun turun.

Kenapa? karena pergerakan harga saham tersebut terjadi karena adanya persepsi para pedagang saham yang ada di pasar modal.

Coba bayangkan jika kamu adalah seseorang yang baru saja terjun di dunia pasar modal dan mengabaikan kegiatan menganalisis saham secara fundamental. Dan kemudian, kamu memutuskan membeli saham AISA berdasarkan omongan orang lain dan ketika itu PT Tiga Pilar Sejahtera Food Tbk terkena kasus penjualan beras.

Apa yang akan terjadi, seluruh modal kamu akan hilang hanya dalam hitungan bulan. Dan kerugian ini akan menimbulkan efek yang sangat lama sembuhnya terutama bagi seseorang yang kurang siap berbisnis.

Mungkin kamu akan stress dan menganggap bahwa saham itu adalah bentuk penipuan dan lain sebagainya. Padahal itu semua terjadi karena kamu nggak pernah melakukan analisis terlebih dahulu sebelum membeli saham.

Saham Bagus Bikin Kita Tidur Nyenyak

Beda halnya, jika kamu tadi melakukan analisis fundamental terlebih dahulu. Kamu nggak akan bakal memilih saham AISA dan kemungkinan besar kamu pasti akan bertemu saham-saham berkinerja baik seperti saham TLKM, UNVR, BBRI, BBCA, dan lain sebagainya.

Dan kamu pun akan tidur nyenyak setiap harinya ketika memiliki saham-saham terbaik didalam portofolio investasi.

Jadi, agar hal seperti ini nggak terjadi maka lakukanlah kajian atau analisis secara teratur terutama ketika laporan keuangan perusahaan dirilis per kuartal.

Manfaat atau Kegunaan Analisis Fundamental

Nah, berdasarkan beberapa alasan kenapa kita harus melakukan analisis fundamental, seperti tersebut diatas. Maka bisa kita tarik beberapa kesimpulan bahwa analisis fundamental mempunyai beberapa manfaat yang antara lain.

  1. Sebagai alat untuk menentukan waktu yang tepat, kapan masuk dan keluar dari pasar modal.
  2. Sebagai alat untuk memilih saham terbaik diantara ratusan saham yang ada di pasar modal ketika berinvestasi atau menjalankan bisnis trading saham.
  3. Sebagai alat bantu ketika kita sebagai investor akan menyusun sebuah portofolio saham.
  4. Sebagai alat bantu menghitung harga wajar sebuah saham.

Sebagai Alat Bantu Menentukan Waktu yang Tepat, Keluar dan Masuk Pasar Modal

Ketika kita melakukan analisis fundamental, tidak hanya kondisi mikro ekonomi perusahaan saja yang kita analisis tetapi kondisi makro ekonomi sebuah negara juga harus kita analisis.

Ketika kondisi makro ekonomi sebuah negara menunjukkan perekonomian yang kuat (sedang bertumbuh bagus) maka itu menunjukkan kepada kita bahwa ini adalah saat yang tepat masuk kedalam pasar modal.

Begitu sebaliknya, jika kondisi makro ekonomi sebuah negara menunjukkan perekonomian yang sedang lesu maka saatnya kita keluar pasar modal. Kenapa? karena yang pasti pasar modal juga akan mengalami koreksi meskipun beberapa perusahaan tetap menunjukkan kinerja yang baik.

Sebagai Alat Bantu Memilih Saham Terbaik

Dengan melakukan analisis fundamental maka kita akan menemukan saham terbaik (berkinerja baik) diantara ratusan saham yang telah terdaftar di pasar modal dan tentu dengan harga yang wajar pula. Hal ini sangat perlu dilakukan karena setiap tahunnya kita akan dihadapkan dengan beberapa pilihan saham baru alias IPO (Initial Public Offering).

Sebagai Alat Bantu Menyusun Portofolio Saham

Portofolio saham adalah kumpulan beberapa saham yang telah melalui beberapa seleksi ketat. Dengan melakukan analisis fundamental maka kita akan mampu menyusun daftar saham yang dihuni oleh saham-saham berkualitas. Sehingga susunan portofolio tersebut mampu menghasilkan keuntungan setiap tahunnya.

Membantu Menghitung Harga Wajar Sebuah Saham

Dengan melakukan analisis fundamental maka secara tidak langsung kita akan menghitung nilai sebuah saham. Dan ketika kita berbicara sebagai investor maupun trader saham maka kita akan dihadapkan dengan harga saham yang diperjual belikan di pasar modal.

Dengan mengetahui nilai sebuah saham maka kita pun akan mampu menentukan harga wajar sebuah saham. Sehingga kita pun bisa membeli saham terbaik dengan harga yang wajar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here