Profile Saham ASRM (PT Asuransi Ramayana Tbk)

0
18
Profile Saham ASRM
Profile Saham ASRM

Profile saham ASRM (PT Asuransi Ramayana Tbk) secara singkat dapat dijelaskan sebagai berikut.

NamaPT Asuransi Ramayana Tbk
KodeASRM
AlamatJl. Kebon Sirih No. 49 Jakarta 10340
Emailyoyok.setio@ramayanains.com
Telepon021- 3193 7148
Faks021- 3193 4825
NPWP01.318.451.0-054.000
Websitehttps://www.ramayanainsurance.com/
Tanggal IPO19 Mar 1990
PapanPENGEMBANGAN
SektorFINANCE
Sub SektorINSURANCE
Jumlah Saham (IPO)2.000.000 (lembar)

Profile Bisnis dan Produk Saham ASRM (PT Asuransi Ramayana Tbk)

PT. Asuransi Ramayana Tbk. didirikan tanggal 6 Agustus 1956 dengan Akta Notaris Raden Meester Soewandi No.14 dan disahkan dengan Penetapan Menteri Kehakiman Republik Indonesia tanggal 15 September 1956 No. J.A.5/67/16 dengan nama PT. Maskapai Asuransi Ramayana. Tujuan didirikannya perusahaan asuransi tersebut adalah untuk memenuhi kebutuhan proteksi atas barang-barang impor dan ekspor NV. Agung yang saat itu dipimpin oleh F.S. Harjadi dan R.G. Doeriat.

Nama PT. Asuransi Ramayana mulai digunakan setelah diadakan perubahan nama dengan Akta Notaris Muhani Salim, SH No. 95 dan disahkan dengan Keputusan Menteri Kehakiman No. C.2.5040-HT01.04.TH 86 tanggal 19 Juli 1986.

Pada tahun 1990 Perusahaan memperoleh Surat Ijin Emisi Saham dari Bapepam No. SI-078/SHM/MK.01/1990 tanggal 30 Januari 1990 untuk melaksanakan penawaran umum saham kepada masyarakat sebanyak 2 (dua) juta lembar saham.

Pada tahun yang sama, Perusahaan mendapatkan persetujuan dari Bapepam No. 1638/PM/1990 tanggal 19 September 1990, untuk mencatatkan sahamnya secara parsial pada Bursa Efek Jakarta sebanyak 1 (satu) juta lembar saham dengan nilai nominal masing-masing Rp 1.000 per saham.

Pada tanggal 5 Oktober 2005 dalam Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa pemegang saham menyetujui untuk membuka Kantor Cabang Syariah sebagai tanggapaan atas semakin banyaknya permintaan jasa asuransi yang berbasis syariah.

Perusahaan memiliki 28 Kantor Cabang / Unit dan 7 Perwakilan dengan jumlah karyawan sebanyak 600 orang.

Berikut ini adalah beberapa contoh produk asuransi yang ditawarkan oleh ASRM kepada para calon nasabahnya.

Produk Properti

Secara umum jenis asuransi ini memberikan ganti rugi atas potensi kerugian keuangan Tertanggung karena kerusakan atau kehilangan obyek yang dipertanggungkan akibat dari bahaya-bahaya yang dijamin oleh polis-polis asuransi yang termasuk dalam asuransi property.

Produk asuransi property mencakup antara lain : Property All Risk (PAR), Industri All Risk (IAR), Asuransi Kebakaran dan Home Stoprisk

Obyek yang dapat dipertanggungkan dalam asuransi ini adalah : gedung, rumah tinggal, perkantoran, pabrik & industri, stock, mesin-mesin, hotel, rumah sakit dan asset lainnya.

Produk Kendaraan

Secara umum jenis asuransi ini memberikan ganti rugi kerusakan karena kecelakaan atau kehilangan karena kecurian atas kendaraan yang dipertanggungkan sesuai dengan jaminan dalam polis asuransi kendaraan. Produk asuransi kendaraan mencakup antara lain : Asuransi Kendaraan Bermotor, Oto Stoprisk dan Asuransi Alat Berat.

Secara garis besar jenis kendaraan bermotor yang dapat dipertanggungkan, antara lain : Sedan, Jeep, Wagon, Double Cabin, Minibus, Pick Up dan Bus, yang dipergunakan sebagai kendaraan pribadi, kendaraan dinas maupun komersial. Sedangkan untuk alat berat antara lain : Buldozer, Excavator, Grapple Loader, Dump Truck, Forklift, Road Roller, Crawler Crane, Wheal Loader, dan lain-lain.

Asuransi Pengangkutan

Secara umum jenis asuransi ini memberikan perlindungan atas potensi kerugian keuangan Tertanggung terhadap risiko-risiko kerugian dan kerusakan barang-barang selama barang-barang tersebut menjalani pengangkutan atau pengiriman dengan alat angkut utama darat, laut maupun udara.

Produk asuransi pengangkutan mencakup antara lain : Asuransi Pengangkutan Darat, Asuransi Pengangkutan Laut dan Asuransi Pengangkutan Udara.

Secara garis besar barang-barang yang dapat dipertanggungkan adalah segala macam jenis barang atau komoditi dengan bentuk padat, cair maupun gas dan diangkut dalam kontainer maupun non kontainer.

Asuransi Rekayasa

Jenis asuransi ini bertujuan untuk memberikan perlindungan atas risiko-risiko pekerjaan projek yang sedang dikerjakan oleh tertanggung.

Jenis Produk asuransi Rekayasa terdiri dari  :

  • Contractor’s All Risks (CAR) Insurance including TPL.
  • Erection All Risks Insurance.
  • Machinery Breakdown Insurance.
  • Boiler Explosion Insurance.
  • Electronic Equipment Insurance.
  • Civil Engineering Completed Risks (CECR)
  • Contractor’s Plant and Machineries Risks (CPM)

Asuransi Aneka

Kelompok asuransi ini mencakup beberapa jenis asuransi sbb:

  • Workmen’s Compensation
  • Liability
  • Personal Accident (Asuransi Kecelakaan Diri)
  • Money Insurance (Asuransi Uang)
  • Fidelity Guarantee
  • Burglary/Theft (Kebongkaran/Kecurian)
  • Plate/Glass/Neon Signs/Billboard
  • Travel Baggage

Kelompok asuransi ini sering juga disebut asuransi “General Accident”.

Sebenarnya masih banyak produk asuransi yang bisa ditemui di saham ASRM. Tetapi untuk lebih jelasnya kamu bisa langsung berkunjung ke kantor mereka langsung atau official website.

Gimana, tertarik membeli saham ASRM?

Jika kamu tertarik membeli saham ASRM, jangan lupa melakukan analisis kinerja perusahaan (5 tahun terakhir) melalui laporan keuangan (kuartal maupun tahunan) terlebih dahulu. Kenapa? Agar kamu tidak salah membeli saham, terutama saham yang hanya menghasilkan kerugian saja.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here