Profile Saham ASGR (PT Astra Graphia Tbk)

0
87
Profile Saham ASGR
Profile Saham ASGR

Profile saham ASGR (PT Astra Graphia Tbk) secara singkat dapat dijelaskan sebagai berikut.

NamaPT Astra Graphia Tbk
KodeASGR
AlamatJl. Kramat Raya N0. 43 Jakarta 10450
Emailsusy.widjaja@astragraphia.co.id
Telepon021 – 3909190
Faks021 – 3909388
NPWP01.307.261.6-054.000
Websitehttps://www.astragraphia.co.id/
Tanggal IPO15 Nov 1989
PapanUTAMA
SektorTRADE, SERVICES & INVESTMENT
Sub SektorCOMPUTER AND SERVICES
Jumlah Saham (IPO)3.075.000 (lembar)

Profile Bisnis dan Produk Saham ASGR (PT Astra Graphia Tbk)

Astragraphia mengawali perjalanan bisnis pada tahun 1971 sebagai Divisi Xerox di PT Astra Internasional yang kemudian dipisahkan menjadi badan hukum sendiri pada tahun 1975.

Pada tanggal 22 April 1976 Astragraphia ditunjuk secara langsung sebagai distributor eksklusif dari Fuji Xerox Co. Ltd. Jepang di seluruh Indonesia dengan ruang lingkup usaha sebagai penyedia perangkat perkantoran dan pelayanan purna jualnya.

Tahun 1989 Astragraphia mencatatkan sahamnya di Bursa Efek Indonesia (dahulu Bursa Efek Jakarta dan Bursa Efek Surabaya) dengan simbol saham ASGR. Pada saat ini 76,87% saham Astragraphia dimiliki oleh PT Astra International Tbk, dan sisanya dimiliki oleh publik. 

Sejalan dengan tuntutan kebutuhan pelanggan yang dinamis dan perkembangan teknologi khususnya teknologi informasi & komunikasi, sejak tahun 1990-an Astragraphia mulai melakukan transformasi bisnis menjadi penyedia Solusi Teknologi Informasi.

Astragraphia menjadi perusahaan yang bergerak di bidang perdagangan, jasa konsultasi, jasa kontraktor peralatan dan perlengkapan kantor, teknologi informasi, telekomunikasi, dan perindustrian.

Astragraphia fokus dengan ruang lingkup penyedia solusi dan jasa DICT (Document, Information & Communication Technology) dengan dua segmen usaha yang saling melengkapi satu dengan lainnya yang berorientasi pada perbaikan proses bisnis, yaitu Solusi Dokumen dan Solusi Teknologi Informasi & Komunikasi.

Solusi Dokumen dikelola langsung oleh Astragraphia dengan partner utama Fuji Xerox Co., Ltd., Jepang dan AXI, sedangkan segmen usaha Solusi Teknologi Informasi & Komunikasi dijalankan oleh AGIT.

Solusi Dokumen menyediakan jenis produk dan layanan yang merupakan transformasi dari penyedia layanan berbasis perangkat keras (hardware-based services) menjadi layanan berbasis solusi (solution-based services) dan teknologi informasi yang mencakup semua aspek siklus dokumen, mulai dari document input (creating, scanning, merging, editing, capturing) dan document management (sharing, indexing, storing, archieving, distributing) hingga document output (printing, faxing, scanning, copying, emailing, web viewing) termasuk jasa percetakan digital (transactional printing, printing on demand), document imaging dan pengirimannya.

Sementara itu segmen usaha Solusi Teknologi Informasi & Komunikasi fokus di bidang teknologi informasi & komunikasi (ICT) yang menyediakan perangkat keras dan lunak, solusi dan jasa pembangunan infrastruktur IT, jasa layanan pengembangan aplikasi IT dan jasa managed services, termasuk layanan data centre dan cloud.

Kantor pusat Astragraphia terletak di Jalan Kramat Raya 43, Jakarta 10450, dan memiliki 93 titik layan di 33 kantor cabang yang tersebar di seluruh Indonesia.  

Document Solution

Segmen usaha Solusi Dokumen didukung oleh portofolio yang berbasis sebagai penyedia Solusi Dokumen, yaitu: 

1. Portofolio Enterprise Document Solution (EDS)

Adalah bisnis yang memasarkan perangkat multifungsi digital (Multi-Function Device / MFD) untuk skala perkantoran baik kecil, menengah maupun besar.

EDS juga memberikan solusi Print Management, Workflow Management & Cost Recovery yang mendukung peningkatan produktivitas kerja dan efisiensi biaya di pelanggan.

Pendukung utama portofolio EDS adalah perangkat multifungsi digital Fuji Xerox, baik hitam putih maupun berwarna, yang terdiri dari seri DocuCentre dan ApeosPort.

Seri DocuCentre memberikan layanan cetak (print), scan, fax dan fotokopi dengan kualitas mode cetak hitam putih hingga warna.

Sedangkan untuk seri ApeosPort memiliki keunggulan tambahan berupa kemampuan terintegrasi dengan sistem jaringan bisnis dan sistem manajemen dokumen (Document Management System).

Selain perangkat multifungi digital, EDS juga memiliki portofolio perangkat lunak Document Management System, yang mendukung pengelolaan dokumen secara digital di pelanggan.

2. Graphic Communications Services (GCS)

Adalah merupakan portfolio bisnis Astragraphia yang menyediakan solusi produk Fuji Xerox untuk pencetakan dokumen skala produksi.

Solusi GCS memiliki karakterisktik pencetakan digital berkecepatan tinggi dengan kapasitas pencetakan sangat besar.  

Mesin Production Fuji Xerox memiliki kualitas cetak terbaik khususnya pencetakan Color (berwarna) maupun monochrome (hitam-putih), dengan teknologi laser maupun inkjet.

Portfolio GCS menyediakan beragam varian production printing. Pada varian Color (warna) terdapat produk digital Color Press dengan skala light production color, entry production color hingga high production color. Sedangkan untuk varian monochrome (hitam-putih) terdapat produk kategori high volume, printing system, hingga publishing system.

Selain memasarkan perangkat Fuji Xerox, GCS juga membantu pelanggan dalam memudahkan alur kerja percetakan yaitu dilengkapi dengan solusi software (perangkat lunak) Free Flow Digital Workflow Collection. Solusi ini dibagi menjadi tiga bagian yang meliputi: business management, process management, dan output management.

3. Portofolio bisnis Printer Channel Business (PCB)

Adalah bisnis yang berfokus memasarkan produk printer laser Fuji Xerox dengan kategori Single Function Printer dan Multi Function Printer, baik monochrome (hitam-putih) maupun color (berwarna).

Sebagai upaya menggarap pasar secara optimal, bisnis berbasis printer ini diintegrasikan dengan produk pendukung yang berbasis Teknologi Informasi & Komunikasi.

Guna mendukung penjualan seluruh produk, PCB menyediakan kebutuhan consumables (bahan pakai) printer.

PCB memiliki dua kategori distribusi, yaitu:

  • Direct Sales,
    Pemasaran melalui jajaran operasional yang tersebar di kantor-kantor cabang Astragraphia di seluruh Indonesia untuk memasarkan produk yang bersifat high involvement dan solusi terintegrasi.
  • Indirect Channel, 
    Pemasaran melalui Business Partner maupun Reseller yang banyak memiliki outlet di sentra-sentra TIK serta perusahaan yang melakukan bisnis online, dengan produk yang bersifat retail. Kerjasama juga dilakukan dengan Sistem Integrator untuk proyek Teknologi Informasi.

4. Industry Business Solutions and Services (IBSS)

Adalah portofolio bisnis Astragraphia yang memberikan solusi menyeluruh pengolahan dokumen end-to-end bagi suatu perusahaan dengan mengintegrasikan semua portofolio Astragraphia.

Dalam memenuhi kebutuhan ruang lingkup solusi yang diminta oleh pelanggan, IBSS  menerjemahkan kebutuhan solusi tersebut dalam Statement of Work (SOW) dan Service Level Agreement (SLA) yang telah disepakati bersama pelanggan.

Implementasi proyek tersebut dilaksanakan berdasarkan pedoman standar Global Services Delivery Model. Teknologi IBSS didukung sepenuhnya oleh Fuji Xerox selaku prinsipal dan memiliki titik layanan yang tersebar di seluruh Indonesia. 

Untuk informasi lebih lanjut, silahkan kunjungi www.documentsolution.com

AXI (Astragraphia Xprins Indonesia)

AXI merupakan anak perusahaan terbaru dari PT Astra Graphia Tbk – penunjang lini bisnis Teknologi Informasi di Astra Group.

Pendirian AXI merupakan transaksi afiliasi bagi perusahaan, karena sahamnya dimiliki 99,9% oleh PT Astra Graphia Tbk (Astragraphia) dan 0,1% saham nya dimiliki oleh PT Astra Graphia Information Technology (AGIT), dimana AGIT merupakan entitas anak Astragraphia dengan kepemilikan saham lebih dari 99,99%.

AXI memfokuskan diri pada pengembangan kegiatan usaha yang terkait dengan Office Services (Office Equipment, Office Supplies, Document Outsourcing dan Distribution) melalui ketiga unit bisnisnya yakni AXIQoe, PrintQoe, dan CourierQoe.

Sinergi ketiga solusi layanan ini diharapkan dapat mentransformasikan AXI menjadi One Click Office Solution.

PT Astra Graphia Information Technology

Segmen usaha Teknologi Informasi & Komunikasi merupakan pengembangan unit bisnis Astragraphia untuk memberikan solusi dan layanan Teknologi Informasi & Komunikasi kepada para pelanggannya.

Gimana, tertarik membeli saham ASGR?

Jika kamu tertarik membeli saham ASGR, jangan lupa melakukan analisis kinerja perusahaan (5 tahun terakhir) melalui laporan keuangan (kuartal maupun tahunan) terlebih dahulu. Kenapa? Agar kamu tidak salah membeli saham, terutama saham yang hanya menghasilkan kerugian saja.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here