Profile Saham SCMA (PT Surya Citra Media Tbk)

0
106
Profile Saham SCMA
Profile Saham SCMA

Profile saham SCMA (PT Surya Citra Media Tbk) secara singkat dapat dijelaskan sebagai berikut.

NamaPT Surya Citra Media Tbk
KodeSCMA
AlamatSCTV Tower -Senayan City Jl. Asia Afrika Lot.19 Jakarta 10270
Emailcorsec@scm.co.id
Telepon(021) 2793 5599
Faks(021) 2793 5598
NPWP01.904.039.3-054.000
Websitehttp://www.scm.co.id/
Tanggal IPO16 Jul 2002
PapanPENGEMBANGAN
SektorTRADE, SERVICES & INVESTMENT
Sub SektorADVERTISING, PRINTING AND MEDIA
Jumlah Saham (IPO)375.000.000 (lembar)

Profile Bisnis dan Produk Saham SCMA (PT Surya Citra Media Tbk)

PT Surya Citra Media Tbk memulai perjalanannya dari tahun 1999 dan senantiasa tumbuh dan berkembang untuk berkontribusi di industri media Indonesia.

Industri media adalah salah satu industri yang berkembang paling pesat di Indonesia dan telah menjadi bagian yang tak terlepas dari kehidupan masyarakat Indonesia sehari-hari.

Untuk itu, PT Surya Citra Media Tbk terus berkomitmen untuk memberikan tayangan, program, konten, dan layanan di bidang media yang bermakna dan memperkaya hidup audiensi Indonesia. 

Melalui dua saluran TV nasional terbesar di Indonesia, seperti Surya Citra Televisi (SCTV) dan Indosiar Visual Mandiri (INDOSIAR) dan berbagai saluran penyiaran lainnya, Perseroan terus mengasah kreativitas dan kerja keras untuk menghadirkan tayangan yang menghibur serta informasi yang mengedukasi dan tepercaya.

Selain itu, Perseroan juga memperluas layanan yang didedikasikan untuk pembuatan konten berkualitas, manajemen artis dan jasa periklanan yang unggul, serta manajemen fasilitas siaran dan produksi film yang saling berkesinambungan untuk memberikan pengalaman hiburan dan tayangan terbaik serta untuk memajukan industri media dalam negeri.

Unit Bisnis PT Surya Citra Media Tbk (saham SCMA)

Berikut ini adalah beberapa jenis bisnis yang dijalankan oleh PT Surya Citra Media Tbk, antara lain adalah Penyiaran, Konten, dan lainnya.

1. Penyiaran

PT Surya Citra Televisi (SCTV)

SCTV adalah saluran FTA nasional terkemuka dan teratas di Indonesia yang mulai beroperasi pada tahun 1990.

SCTV disiarkan melalui 39 stasiun transmisi yang mencakup lebih dari 180 juta penduduk.

SCTV menayangkan program yang komprehensif dan bervariasi, mulai dari variety show, hiburan, drama, musik, berita dan olahraga.

Program populer SCTV diantaranya adalah Inbox, Liputan 6, SCTV Music Awards, Infotainment Awards, FTV (Film TV) dan berbagai serial drama.

Informasi lebih lengkap mengenai SCTV dapat dilihat di www.sctv.co.id.

PT Indosiar Visual Mandiri (Indosiar)

Mulai beroperasi pada tahun 1995, Indosiar kini diakui sebagai salah satu saluran FTA nasional terkemuka yang berfokus pada kelompok berpenghasilan menengah-ke-rendah.

Indosiar disiarkan melalui 33 stasiun transmisi yang mencakup lebih dari 180 juta penduduk.

Indosiar dikenal sebagai saluran televisi dengan kemampuan pemilihan program yang menarik, baik program local maupun program produksi sendiri (in-house), yang terutama didukung oleh fasilitas studio yang memadai.

Program populer Indosiar meliputi antara lain, Dangdut D’Academy, D’Academy Asia dan Stand Up Comedia Academy.

Informasi lebih lengkap mengenai Indosiar dapat dilihat di www.indosiar.com.

2. Konten

PT Screenplay Produksi (Screenplay)

Beroperasi sejak tahun 2010, Screenplay adalah Entitas Anak SCM yang didedikasikan untuk pembuatan konten TV dan telah menunjukkan hasil yang positif.

Saat ini, Screenplay telah berhasil memproduksi banyak program dengan rating yang tinggi dan memenangkan penghargaan, termasuk FTV (film TV) serta serial drama seri dari berbagai genre, terutama untuk remaja dan segmen kelas atas.

Informasi lebih lengkap mengenai Screenplay dapat dilihat di http://www.screenplayproductions.co.id/.

PT Indonesia Entertainmen Grup (IEG)

Beroperasi sejak tahun 2015, IEG merupakan entitas anak Perseroan di bidang konten.

Secara konsolidasian, IEG memiliki sekurangnya 600 personil produksi dan lebih dari 120.000 jam konten. IEG berfokus pada kegiatan 4 inti bisnis: produksi konten, studio dan manajemen fasilitas, konten perpustakaan monetisasi dan distribusi konten.

PT Indonesia Entertainmen Produksi (IEP)

IEP beroperasi sejak tahun 2015 sebagai salah satu anak perusahaan IEG. IEP berfokus pada pengelolaan produksi program unggulan in-house untuk saluran FTA nasional SCTV dan Indosiar.

Beberapa program IEP yang berhasil memperoleh rating tinggi adalah D’Academy, Infotainment Awards, SCTV Music Awards, Bintang Pantura, dan Liga Dangdut Indonesia.

PT Amanah Surga Produksi (ASP)

Beroperasi sejak tahun 2012, ASP adalah entitas Perseroan yang bergerak di bidang jasa peredaran dan pemasaran film, jasa pembuatan dan produksi program, serta kegiatan usaha lainnya.

ASP memiliki posisi yang berbeda dari Screenplay, dengan fokus pada kelompok berpenghasilan menengah-ke-rendah.

PT Animasi Kartun Indonesia (AKI)

Beroperasi sejak 2012, AKI adalah rumah produksi animasi terkemuka di Indonesia. AKI dilengkapi dengan 4 studio produksi yang didirikan di Jakarta, Bandung, Yogyakarta dan Semarang.

AKI memiliki hak kekayaan intelektual atas judul dan karakter dari program-programnya, karenanya memberikan peluang di masa depan untuk bisnis merchandise, lisensi dan ekspansi ke pasar internasional.

Karakter yang paling populer adalah Keluarga Somad yang telah memenangkan penghargaan Animasi Terbaik dari KPI (Komisi Penyiaran Indonesia).

Informasi lebih lengkap mengenai AKI dapat dilihat di www.dreamtoon.com.

PT Screenplay Sinema Film (SSF)

Untuk mendukung pengembangan industri film, khususnya film layar lebar, SSF didirikan pada tahun 2015.

SSF bergerak di bidang jasa untuk produksi film dan distribusinya. SSF telah muncul sebagai produser film lokal Indonesia terlaris (motion pictures).

Film pertamanya, Magic Hours, telah berhasil menjadi top 5 film Indonesia yang paling banyak ditonton (Top 5 Most Watched Indonesian Movie) pada tahun 2015 dengan lebih dari 800.000 penonton.

PT Surya Citra Dinamika (SCD)

SCD merupakan entitas anak Perseroan yang bergerak di bidang perfilman dan perekaman video.

PT Digital Rantai Maya (DRM)

DRM merupakan entitas anak Perseroan yang bergerak di bidang Jasa teknologi informasi, periklanan, promosi dan pemasaran, telekomunikasi umum, hiburan, agen manajemen dan produksi, konsultan di bidang teknologi informasi, media massa, rekaman audio dan perdagangan.

DRM beroperasi sejak tahun 2008 dan bergabung dengan Perseroan sejak 2016.

PT Elang Media Karya (EMK)

PT Elang Media Karya (EMK) merupakan entitas anak Perseroan yang bergerak di bidang perdagangan, jasa, perfilman dan perekaman video.

PT Visual Indomedia Produksi (VIP)

PT Visual Indomedia Produksi (VIP) merupakan entitas anak Perseroan yang bergerak di bidang media online, media cetak, media elektronik, jasa impresariat, hiburan, manajemen artis, perfilman dan perekaman video dan lainnya.

VIP beroperasi sejak tahun 2015 dan bergabung dengan Perseroan sejak tahun 2016.

3. Lainnya

PT Surya Trioptima Multikreasi (STREAM)

Beroperasi sejak tahun 2014, STREAM merupakan sebuah perusahaan manajemen artis yang sedang berkembang.

Bekerja sama dengan PT Trinity Optima Production, STREAM mengelola dan mengurus para artis pendatang baru lulusan program pencarian bakat yang ditayangkan di SCTV dan Indosiar.

PT Indonesia Entertainmen Studio (IES)

IES didirikan pada tahun 2015 sebagai salah satu anak perusahaan IEG. IES berfokus pada penyewaan dan pengelolaan peralatan dan fasilitas siaran dan produksi film.

Saat ini, IES mengelola lebih dari 6.000 fasilitas studio yang mendukung kegiatan produksi konten SCM.

PT Surya Citra Gelora (SCG)

PT Surya Citra Gelora (SCG) merupakan entitas anak Perseroran yang bergerak di bidang hiburan dan jasa periklanan.

Gimana, tertarik membeli saham SCMA?

Jika kamu tertarik membeli saham SCMA, jangan lupa melakukan analisis kinerja perusahaan (5 tahun terakhir) melalui laporan keuangan (kuartal maupun tahunan) terlebih dahulu. Kenapa? Agar kamu tidak salah membeli saham, terutama saham yang hanya menghasilkan kerugian saja.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here